Makanan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

makanan sehat menurunkan BB

Kebanyakan orang mengasosiasikan kata “sehat” dan “makanan cepat saji” saat berbicara tentang kebiasaan makan makanan sehat. Ini tidak bisa jauh dari kebenaran. Yang benar adalah bahwa makanan yang seimbang dan sehat sebenarnya bisa disiapkan dan dinikmati di rumah. Makanan sehat tidak harus selalu makanan yang membosankan seperti es krim atau burger. Faktanya, makanan yang menyehatkan bisa menjadi salah satu makanan terlezat yang pernah Anda makan! Yang Anda butuhkan hanyalah imajinasi dan keinginan untuk mengubah kebiasaan makan Anda.

Makanan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

makanan sehat menurunkan BB

Makanan yang sehat adalah makanan yang membantu menjaga atau meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan. Untuk mencapai ini, penting untuk memastikan bahwa makanan Anda mengandung semua nutrisi penting. Daftar makanan yang baik harus mencakup keseimbangan protein, karbohidrat, lemak, dan kelompok nutrisi lainnya. Makanan yang sehat itu memuaskan karena menyediakan semua zat gizi yang diperlukan dengan cara yang sederhana, mudah disiapkan, namun bergizi dan lezat. Makanan sehat juga memberi tubuh nutrisi penting: karbohidrat, lemak, makronutrien, dan kalori yang cukup.

Makanan sehat ada dua macam, rendah lemak dan tinggi lemak. Penting untuk memilih versi rendah lemak dan tinggi lemak dari tiga pilihan ini: daging tanpa lemak (steak panggul, kalkun, dada ayam), telur, buah-buahan (segar, kering, atau beku), sayuran (seperti tomat, brokoli, wortel , kubis), polong-polongan (kacang polong, buncis, lentil), kacang-kacangan (kanola, almond, wijen, kemiri), dan makanan laut (ikan, nasi, dan sayuran). Versi rendah lemak dan tinggi lemak dari sebagian besar pilihan makanan ini memiliki kalori lebih sedikit tetapi biasanya tidak bergizi. Oleh karena itu, Anda harus memilih versi rendah lemak dan tinggi lemak dari ketiga pilihan di atas untuk mendapatkan nutrisi lengkap yang dibutuhkan untuk makan malam yang sehat.

Serat adalah serat yang terdapat pada sayuran dan makanan dari gandum utuh, yang memudahkan tubuh dalam menyerap nutrisi. Untuk memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan jumlah serat maksimum setiap hari, makanlah beberapa porsi kecil sayuran segar setiap hari, alih-alih tiga makanan besar yang biasa dimakan kebanyakan orang Amerika. Selain itu, pastikan untuk menyertakan banyak roti gandum, pasta, dan produk biji-bijian lainnya. Hati-hati dengan jenis biji-bijian yang Anda masukkan. Produk gandum dan biji-bijian utuh, seperti roti, biskuit, dan pasta gandum, biasanya memiliki lebih sedikit serat dibandingkan produk gandum putihnya.

Sepiring makanan sehat mengandung makanan yang tinggi antioksidan. Antioksidan dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pilih makanan yang tinggi Vitamin A, C, E, dan beta-karoten (ditemukan dalam wortel, melon, kangkung, bayam, dan sayuran lainnya), Vitamin B kompleks (ditemukan dalam stroberi, bilberry, dan paprika merah), dan asam folat (sering ditemukan pada sayuran berdaun hijau, buah jeruk, teh hijau, dan sayuran berdaun hijau tua). Vitamin dan nutrisi dalam makanan ini membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Camilan yang sehat mencakup makanan apa pun yang rendah kalori, namun mengandung nutrisi. Makanan ringan umumnya dianggap kurang sehat dibandingkan makanan ukuran penuh, tetapi tetap bermanfaat bagi kesehatan Anda. Misalnya, jika Anda mengemil sepotong sandwich keju dengan salad tuna dengan kerupuk gandum, Anda masih mendapatkan banyak nutrisi. Jika Anda mengemil kue atau bagel dengan Mayo rendah lemak, Anda masih mendapatkan banyak karbohidrat tanpa lemak. Jadi Anda bisa ngemil sesuka Anda, tetapi jika Anda ngemil camilan yang tidak sehat, Anda tidak akan mendapatkan manfaat apa pun dan hanya akan menambah berat badan.

Makanan yang baik juga mengandung vitamin dan nutrisi dalam jumlah yang tepat dalam jumlah yang tepat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Jika Anda makan lima makanan sehat dan camilan setiap hari, Anda hanya perlu mengonsumsi sekitar dua ratus kalori agar tetap sehat. Jika Anda makan lebih banyak dan makanan ringan, Anda akan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada itu agar tetap kenyang. Oleh karena itu, menambahkan tablet vitamin ke dalam makanan Anda adalah langkah cerdas.

Jika Anda menikmati steak sesekali, itu juga bagus. Tetapi restoran cepat saji, toko permen, dan keripik sarat dengan lemak trans. Saat Anda membeli makanan pretzel, kue, keripik, dan gorengan lainnya, Anda secara tidak langsung mengonsumsi lemak trans. Lemak trans buruk bagi Anda karena meningkatkan kadar kolesterol dan menyumbat arteri Anda. Sebaliknya, makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan produk susu rendah lemak.